HomeNjagong AsyikBangga ! Ini 5 Tokoh Asli Rembang Yang Meng- Indonesia

Bangga ! Ini 5 Tokoh Asli Rembang Yang Meng- Indonesia

Njagong Asyik 0 17 likes 8K views share

Njagong.id – Rembang, sebuah kabupaten kecil diujung utara jawa bagian tengah ini selain memiliki potensi alam yang luar biasa juga memiliki beberapa tokoh yang sangat berpengaruh dibidangnya. Siapa saja mereka?

1.

Burhanuddin Muhtadi

metrotvnews.com

 

Jika anda mendengar nama ini pasti anda akan teringat dengan acara berita yang membahas seputar pemilu. Yap, Sosok yang pertama ini merupakan seorang pengamat politik yang sangat terkenal, yaitu Burhanuddin Muhtadi. Pria yang lahir di Rembang pada 15 Desember 1977 ini memiliki segudang bakat dibidang perpolitikan.

Beliau lulus dari MTS Mualimin Mualimat Rembang dan melanjutkan pendidikan MA di Solo, kemudian memperoleh gelar sarjana dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Fakultas Ushuludin, dan mendapat gelar master di ANU (Australian National University), Canberra, Australia, dengan mengambil konsentrasi di bidang Political Science (Research).

Sekarang, beliau lebih dikenal sebagai pengamat politik dan Direktur Eksekutif di Indikator Politik Indonesia sejak 2013. Maka tak heran jika kita  sering melihatnya tampil di Metro Tv, TV One, Kompas TV, dan acara berita lainnya.

2.

KH Maemun Zubair

google.com

Rasanya hampir semua orang Rembang kenal dan mengetahui Ulama kharismatik ini. Yapp beliau memiliki sejuta pesona di kalangan umat muslim seluruh Indonesia terutama bagai kalangan warga Nahdliyin. Bahkan beliau memiliki sebutan “ Matahari dari Sarang “.

Dikancah politik beliau sekarang menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ). Bahkan di era 70 an beliau pernah menjadi DPRD Rembang selama 7 tahun anggota MPR dari Jawa Tengah.

Pancaran kharisma beliau sebenarnya bukan datang dari jalur politik, melainkan kedalaman ilmu agama yang beliau miliki. Terlebih beliau juga sebagai pengasuh di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang dengan ribuan santri dari seluruh pelosok Indonesia.

Meski sudah sangat sepuh, Ulama berumur 88 tahun ini masih aktif memberikan tausyiah di berbagai daerah. Dan sampai saat ini, banyak tokoh nasional yang sering sowan kepada beliau, mulai dari SBY, Jokowi, Prabowo, Lukman Hakim saefuddin, Mahfud MD sampai tokoh internasional lainnya. Semoga Mbah Mun selalu diberikan kesehatan.

3.

Maftuh Basyuni

jitunews.com

Sekarang anda tidak mengira-ngira lagi, bahwa orang Rembang pernah ada yang menjadi seorang menteri. Bernama lengkap Muhammad Maftuh Basyuni lahir di Rembang pada 4 November 1939 dan meninggal dunia di Jakarta, 20 September 2016 pada umur 76 tahun). Merupakan Mantan Menteri Agama era  Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Beliau mendapat gelar sarjananya di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi pada tahun 1968. Sebelum menjadi Menteri, Maftuh Basyuni juga pernah menjadi Sekretaris Pribadi Duta Besar Indonesia di Jeddah kemudian menjabat sebagai Sekretaris Negera era Presiden Abdurrahman Wahid ( Gusdur), dan kemudian menjadi Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi pada 2002. Bahkan pada 2004 beliau sempat tampil sebagai Ketua Delegasi Indonesia pada pertemuan tingkat Menteri OKI di Istanbul Turki.

4.

Puthut EA

warningmagz.com

Mungkin jika disebut nama ini tak banyak orang Rembang yang kenal, padahal Puthut EA merupakan seorang penulis tersohor di Jogja yang merupakan asli Rembang tepatnya Kecamatan Sale. Puthut EA telah lama bergelut dibidang tulis menulis sejak masih duduk di bangku SMP, mulai dari geguritan hingga cerpen.

Beliau memperoleh gelar sarjana di Fakultas Filsafat UGM Yogyakarta dan bersama Budiman Sudjatmiko sangat aktif dalam kegiatan politik kampus dan nasional pada era Reformasi Soeharto.

Puthut EA pada 1998 pernah mendirikan sebuah komite pergerakan bernama Komite Perjuangan Rakyat untuk Perubahan (KPRP) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan disanalah ia menginisiasi terbentuknya buletin Bongkar.

Saat ini Puthut EA telah menerbitkan setidaknya 22 buku karangannya sendiri yang bersikian sastra dan politik. Bagi anda yang penasaran, silahkan cek di Puthutea.com

Akhir-akhir ini nama Puthut EA tengah melambung lewat situs populer super kritis bernama MOJOK.co. Situs ini berisikan tulisan nyelekit yang bertema politik, agama, dan keseharian. MOJOK.co berhasil menggaet penulis-penulis top dan telah memiliki ratusan ribu pembaca setiap bulannya. Bahkan salah satu redakturnya sudah melalangbuana di berbagai stasiun TV Nasional (Agus Mulyadi).

5.

Ahmad Musthofa Bisri ( Gus Mus )

Saya rasa nama ini cukup familiar bagi warga Rembang, terlebih di kalangan santri. Bagaimana tidak, Gus Mus semacam menjadi idola baru ditengah riuhnya politik identitas yang mengatasnamakan agama. Banyak masyarakat Indonesia khususnya warga Nahdliyin rindu akan semangat toleransi. Yapp, pasca ditinggal Gus Dur, rasanya para santri sedikit kehilangan idola dalam beragama dan ber-indonesia.

Pria yang lahir di Rembang pada 10 Agustus 1944 ini adalah pengasuh di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang. Anehnya beliau mendapat banyak julukan yang disematkan kepadanya, Penyair, Ulama, Kiai, Budayawan, Sastrawan. Tetapi ketika di tanya sendiri, lebih suka disebut apa? beliau mejawab “sebagai manusia saja”. (Sambil tertawa)

Dalam acara Kick Andy 2011, Beliau menceritakan memiliki riwayat hidup unik, mulai dari tidak tamat SMA tapi bisa kuliah di Kairo Mesir hingga yang paling ekstrim pernah ditahan beberapa jam ketika hendak ke Palestina oleh Tentara Israel. Bagaimana tidak,  Gus Mus memiliki identitas yang unik, kakek bernama Mustofa Bisri, Ayah bernama Bisri Mustofa, Gus Mus ( Ahmad Mustofa Bisri ), punya anak Bisri Mustofa, dan beliau tinggal di Jl.KH Bisri Mustofa.

“Ini yang membuat sengsara saya dan anak saya ketika di Israel. Gara-gara nama itu, kami diinterogasi dan ditahan selama enam jam oleh petugas bandara. Kami disangka main-main,” katanya suatu hari di acara di Kick Andy.

Dan terakhir pada 2015, Gus Mus pernah mendapat Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Budaya Paramadharma dari Presiden Jokowi.

Bagaimanapun juga tokoh – tokoh diatas tidak bisa disejajarkan, karena memiliki pengaruh dan kesuksesan dibidangnya masing masing. Budaya, politik, sampai urusan keumatan. Tetapi yang jelas Rembang bangga memiliki tokoh- tokoh inspiratif tersebut.

IKLAN

Terkadang karyawan di perusahaan anda mengalami kejenuhan, malas kekantor, tidak produktif, dan seakan kehilangan gairah hidup. Jika benar karyawan anda memiliki gejala tersebut maka anda sebagai pimpinan perusahaan layak untuk memberikan motivasi yang powerful. BIBGi Enthusiastic merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang motivator perusahaan, motivasi karyawan, dan motivasi kerja untuk semua staff di perusahaan anda. Segera daftarkan perusahaan/instansi anda segera di BIGBi Enthusiastic

Bagiknu Cyah !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *